Peer Review Process

Qismul Arab: Journal of Arabic Education adalah jurnal peer-review double-blind. Setiap artikel yang dikirimkan ke SQismul Arab: Journal of Arabic Education untuk publikasi tunduk pada peer review. Tinjauan sejawat dalam jurnal ini adalah evaluasi artikel yang diajukan oleh dua atau lebih individu yang memiliki kompetensi serupa dengan penulis. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan karya tulis akademik untuk dipublikasikan. Metode peer-review digunakan untuk menjaga standar kualitas dan memberikan kredibilitas pada artikel. Tinjauan sejawat di Qismul Arab: Journal of Arabic Education berlangsung dalam 9 langkah dengan uraian sebagai berikut.

  1. Penyerahan Artikel

Penulis yang sesuai atau mengirimkan mengirimkan artikel ke jurnal. Hal ini dilakukan melalui sistem online yang didukung oleh Open Journal System (OJS). Namun untuk memudahkan penulis, Qismul Arab: Journal of Arabic Education untuk sementara juga menerima kiriman artikel melalui email.

  1. Penilaian Kantor Redaksi

Artikel yang diserahkan pertama kali dinilai oleh Qismul Arab: Journal of Arabic Education. Editor memeriksa apakah sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal. Komposisi dan pengaturan artikel dievaluasi berdasarkan Pedoman Penulis jurnal untuk memastikannya mencakup bagian dan gaya bahasa yang diperlukan. Selain itu, penilaian kualitas minimum yang diperlukan dari artikel untuk publikasi dimulai pada langkah ini, termasuk penilaian apakah ada kelemahan metodologis utama. Setiap artikel yang dikirimkan yang melewati langkah ini akan diperiksa oleh Turnitin untuk mengidentifikasi adanya plagiarisme sebelum ditinjau oleh pengulas.

  1. Penilaian oleh Pemimpin Redaksi

Pemimpin Redaksi memeriksa apakah artikel tersebut sesuai untuk jurnal, cukup orisinal, menarik, dan signifikan untuk diterbitkan. Jika tidak, artikel dapat ditolak tanpa ditinjau lebih lanjut.

  1. Undangan untuk Reviewer

Editor penanganan mengirimkan undangan kepada individu yang dia yakini akan menjadi peninjau yang tepat (juga dikenal sebagai penilai) berdasarkan keahlian, kedekatan kepentingan penelitian, dan tidak ada pertimbangan konflik kepentingan. Proses peer-review di Qismul Arab: Journal of Arabic Education melibatkan komunitas ahli di bidang Pendidikan Islam dan studi keislaman yang berkualifikasi dan mampu melakukan tinjauan yang cukup tidak memihak. objektifitas juga dipertahankan oleh peer review double-blind yang digunakan dalam jurnal ini. artinya, pengulas tidak mengetahui identitas penulis, sebaliknya penulis tidak mengetahui identitas pengulas. Artikel dikirim ke pengulas secara anonim.

  1. Tanggapan terhadap Undangan

Peninjau potensial mempertimbangkan undangan terhadap keahlian, konflik kepentingan, dan ketersediaan mereka sendiri. Mereka kemudian memutuskan untuk menerima atau menolak. Dalam surat undangan, editor dapat meminta resensi potensial untuk saran dari resensi alternatif, ketika dia menolak untuk meninjau.

  1. Peninjauan Dilakukan

Reviewer mengalokasikan waktu untuk membaca artikel beberapa kali. Bacaan pertama digunakan untuk membentuk kesan awal terhadap karya tersebut. Jika masalah besar ditemukan pada tahap ini, pengulas mungkin merasa nyaman menolak artikel tanpa pekerjaan lebih lanjut. Jika tidak, mereka akan membaca artikel beberapa kali lagi, membuat catatan untuk membangun tinjauan rinci poin demi poin. Tinjauan tersebut kemudian diserahkan ke jurnal, dengan rekomendasi untuk menerima, atau menolaknya, atau dengan permintaan revisi (biasanya ditandai sebagai mayor atau minor) sebelum dipertimbangkan kembali.

  1. Jurnal Mengevaluasi Ulasan

Pemimpin Redaksi dan editor penanganan mempertimbangkan semua ulasan yang dikembalikan sebelum membuat keputusan keseluruhan. Jika ulasan berbeda jauh antara kedua pengulas, editor penanganan dapat mengundang pengulas tambahan untuk mendapatkan pendapat tambahan sebelum membuat keputusan.

  1. Keputusan Dikomunikasikan

Editor mengirimkan email keputusan kepada penulis termasuk komentar reviewer yang relevan. Komentar pengulas dikirim secara anonim ke penulis terkait untuk mengambil tindakan dan tanggapan yang diperlukan. Pada titik ini, pengulas juga dikirimi email atau surat yang memberi tahu mereka hasil tinjauan mereka.

  1. Langkah Terakhir

Jika diterima, artikel dikirim ke copy-editing. Jika artikel ditolak atau dikirim kembali ke penulis untuk revisi besar atau kecil, editor yang menangani akan menyertakan komentar konstruktif dari peninjau untuk membantu penulis memperbaiki artikel. Penulis harus melakukan koreksi dan merevisi artikel sesuai dengan komentar dan instruksi pengulas.

Setelah revisi dibuat, penulis harus mengirimkan kembali artikel yang direvisi kepada editor.

Jika artikel dikirim kembali untuk direvisi, peninjau harus mengharapkan untuk menerima versi yang direvisi, kecuali mereka telah memilih untuk tidak berpartisipasi lebih lanjut. Namun, jika hanya perubahan kecil yang diminta, tinjauan tindak lanjut ini dapat dilakukan oleh editor penanganan.

Jika editor memperoses dengan artikel yang direvisi, itu dianggap diterima. artikel yang diterima akan diterbitkan secara online dan semuanya tersedia secara gratis sebagai file pdf yang dapat diunduh.